Senang! Karena Menang ke George Town Penang

Sudah lama tidak jalan rame-rame, akhirnya setelah program #PeekMyPics dan #GoAheadMoment menentukan pemenangnya, maka kita sepakat untuk mengunjungi George Town Penang, Malaysia. Sebuah wilayah kota yang konon dibangun oleh kolonial Inggris di Malaysia yang perekonomiannya pesat akibat dikelola oleh warga Tiongkok yang dipersilakan oleh pemerintah kolonial mengelola bisnis di masa itu.

Kenapa George Town? Kota ini sungguh artsy, banyak coretan-coretan cantik di dinding yang bisa dijadikan objek foto. Semangat kreatif kota ini sejalan dengan Go Ahead Challenge yang selalu memberdayakan passion para pelaku dan penikmat seni lewat GoAheadPeople.com. Ini merupakan kota yang sangat tepat untuk dijadikan hadiah bagi kedua pemenang #GoAheadMoment, karena mereka dapat mengasah kemampuan fotografinya dengan nuansa yang berbeda

George Town Penang, merupakan salah satu kota tertua di Malaysia yang mayoritas dihuni oleh warga Tiongkok yang menetap di rumah-rumah toko (ruko) yang usianya sudah ratusan tahun. Ruko-ruko ini diwariskan huniannya secara turun temurun hingga tidak heran jika masih banyak sekali yang penghuninya masih merupakan keturunan dari pemilik awalnya dan banyak sekali bangunan-bangunan ruko dengan desain arsitektur yang masih asli. Sungguh bagus dan menarik sekali untuk kita foto dan sketching!

Ya, kebetulan rombongan plesiran kali ini adalah teman-teman saya yang berlatar belakang seni dan desain. Ada @sulelubis, sketcher dan astrada iklan yang mengambil S2 kurasi seni di ITB, lalu @yandi_p desainer interior yang juga hobi sketching, @LarasaTita selain sketcher ia juga grafik novelis yang mendalami konsep creative city dan dosen S2 desain produk di ITB, juga @mitch_riff sketcher dan desainer produk yang sedang gemar dengan desain reklame jadul. Kami semua menemani dua orang pemenang lomba foto #GoAheadMoment yaitu Ahmad Nashruddin (Nash – @nshrddn) dan Yunaidi Joepoet (Yudi – @yunaidijoepoet).

Hari-hari kami di George Town diisi dengan jalan-jalan, makan-makan, dan foto-foto. Sungguh sebuah kegiatan bersenang-senang yang selayaknya kami lakukan setiap kami pergi plesiran. Sementara di saat luang beberapa dari kami juga melakukan sketching. Baik sketching bangunan, barang-barang, atau cerita perjalanan. Sementara Nash dan Yudi banyak melakukan kegiatan foto-foto. Kami jalan-jalan mulai dari menggunakan sepeda untuk berkeliling George Town hingga menyewa mobil untuk mengelilingi pulau Penang.

 

Selama jalan-jalan ini, kami tidak henti-hentinya membahas tentang serunya kota George Town yang kami lihat dari sisi arsitektur, seni, desain, dan sejarahnya. George Town memang sedang gencar membangun heritage kota dengan konsep wisata yang sangat baik sekali. Lembaga pengelolanya bernama ThinkCity, jadi di mana pun kami melihat bangunan tua yang sedang direnovasi maka kami melihat ada papan bertuliskan ThinkCity : Rejuvenating the City Together. Selain itu, kebetulan @LarasaTita kenal dengan salah satu founder ThinkCity yaitu Neil Kohr. Maka kami tidak akan melewati kesempatan untuk ngobrol-ngobrol dengan beliau, selain ingin tahu bagaimana awalnya membangun dan merestorasi bangunan-bangunan tua di George Town juga bagaimana cara melakukan “pendekatan” kepada pemerintah yang seringkali ngasal dalam melakukan pembangunan terhadap kota tua. Kami bertemu dengan Neil Kohr dan Daniel Lim, manajer program-nya ThinkCity. Dari obrolan ini kita banyak sekali mendapatkan pelajaran bagus banget tentang mengelola kolaborasi gagasan-gagasan kreatif, sustainability, peningkatan ekonomi, dan kualitas hidup warga lokal. Selain itu kami pun mendapat pelajaran tentang bagaimana membangun jejaring yang baik antara pemerintah kota, agensi pengelola konsep, pemborong, arsitek, seniman, dan desainer. Seru banget!

Kepergian kami ke George Town Penang ini sungguh bagaikan plesiran plus ekskursi kreatif. Hal ini sangat sejalan dengan misi #GoAheadMoment -nya GoAheadPeople.com yang aktif mendukung gerakan dan komunitas kreatif di Indonesia. Saya beruntung sekali mendapat pengalaman ini lewat Geospotter. Saya akan sangat senang apabila mendapat kesempatan lagi untuk membantu Go Ahead Challenge melakukan kegiatan-kegiatan kreatif seperti ini di tahun depan 😀

—–

Pada hari Sabtu 30 Agustus 2014, Go Ahead People mengumumkan pemenang kompetisi yang mendapatkan hadiah pengalaman internasional bersama salah satu seniman ternama Indonesia di Paris, Prancis. Selain ada pameran dari 11 finalis Go Ahead Challenge, juga ada performance dari Andien, White Shoes and the Couples Company, Good Night Electric, dan lain-lain.

Advertisements

Leave a Reply