5 Spot Asik Motret Sunset Di Jakarta

Sunset atau matahari terbenam seringkali menjadi obyek idaman buat kita yang gemar motret, baik dengan kamera serius DSLR atau sekedar kamera ponsel. Lokasi selalu menjadi penentu penting mengingat momen matahari terbenam itu sangat singkat dan sangat bergantung dengan situasi cuaca. Apalagi di Jakarta, yang perasaan setiap hari awannya gak bagus dan jarang bisa mendapatkan momen matahari terbenam yang bagus.

Saya mungkin salah satu penggemar motret matahari terbenam, karena kalau motret matahari terbit effort bangun pagi adalah wajib hukumnya. Dari beberapa kejadian cuaca bagus di Jakarta, kita sering melihat tanda-tanda akan terjadinya momen indah matahari terbenam di Jakarta, namun seringkali kita kelimpungan karena tidak memiliki spot atau tempat yang asik untuk mengambil gambar sunset tersebut. Baik itu karena terhalang gedung, terhalang pohon, musti masuk kantor orang, harus izin, dan seterusnya.

Dalam beberapa kali pengalaman, mungkin spot ini bisa menjadi pilihan kalian saat ingin berburu matahari terbenam di Jakarta, lokasinya mudah begitu pun akses masuknya. Dari hampir beberapa kali saya mengambil gambar di sana, sekuriti dan satpamnya tidak terlalu gahar. Karena toh kita tidak mengganggu siapa-siapa. Berikut 5 lokasi favorit saya untuk mengambil momen matahari terbenam di Jakarta:

1. Parkiran Lotte Fatmawati

Lokasi ini sangat mudah, selain tidak harus naik ke atas gedung, lokasi ini berada di tepian jalan di dalam kompleks ruko Lotte Fatmawati, yang dulu kita kenal dengan kompleks ruko D’Best. Kamu tinggal masuk parkiran saja, lalu ikuti jalan masuk menuju pojokan kiri kompleks ini. Nanti kita akan menemui belokan yang sisi kirinya menghadap Barat, persis spot matahari terbenam

2. Stasiun Gambir

Lokasi ini menarik karena selain kita mendapatkan scene matahari terbenam, kita pun bisa mengambil scene Monas saat senja. Refleksi air kolam pun jadi bagus. Hanya saja untuk masuk ke spot ini, kalian musti beli peron dulu agar bisa masuk dan naik ke ruang tunggu penumpang di atas persis di tepian peron kereta api. Akan tetapi dari beberapa kejadian, ada yang bilang selain penumpang sudah tidak boleh lagi beli peron dan naik ke atas. Entah betul atau tidak karena teman saya ada yang bisa. Jika berhasil? Kamu beruntung!

3. Parkiran Senayan City

Lokasi ini mudah dan asik, cukup kamu naik saja ke parkiran atas Senayan City Mal, persis di lokasi parkiran SCTV, kalau tidak salah itu lantai 7. Di lokasi ini enak karena sepi dan memang hanya parkiran mobil biasa. Biasanya hanya para supir yang duduk-duduk di sekitar situ. Sayangnya angle atau sudut gambar dari lokasi ini tidak banyak memberikan kontur gedung-gedung di latar depannya. Jadi memang kita hanya akan menikmati tekstur awan senja saja.

4. Parkiran Grand Indonesia

Nah, lokasi ini asik karena dari sisi sini kita bisa mendapatkan banyak gedung-gedung sebagai latar depan (foreground) dan jika cahaya mentari senjanya pas maka kita akan mendapatkan refleksi bagus pada gedung-gedung kaca. Parkiran di sini cukup luas dan memiliki dua sisi, yang keduanya memiliki pemandangan yang berbeda. Silakan di coba

5. Jembatan Four Seasons Kuningan

Lokasi terakhir ini memang tidak spesial tapi juga tidak buruk, ini lebih karena sulitnya kita mengambil posisi karena lokasi ini berada pas di trotoar jalan atas jembatan Kuningan bersebelahan dengan Hotel Four Seasons. Yang menarik dari lokasi ini hanya dari angle saja. Jika keempat lokasi sebelumnya cenderung angle mata burung (tinggi) untuk spot ini lebih rendah. Jadi saat matahari makin terbenam mungkin kita hanya mendapatkan bocoran cahayanya saja.

807566c46b6311e181bd12313817987b_7

Dari semuanya spot di atas, pasti kalian akan menemukan kenyamanan dan kekurangannya tersendiri. Nah.. apakah kalian punya spot favorit tersendiri? Silakan share ke kami 🙂

Advertisements

4 thoughts on “5 Spot Asik Motret Sunset Di Jakarta

  1. Jembatan Four Season keren tuh Kak, Dulu waktu kerja di daerah situ tiap lewat cuma bisa nikmatin sunsetnya aja.. soalnya pasti macet pas jam sunset 😀
    Eh sekarang aku di deket2 LotteMart Fatmawati n ga tau spot itu.. thanks atas postingannya jadi tau deh. Siap2 jepret aahh.

Leave a Reply