Indah Dan Sejuknya #PohonIndonesia

Beberapa waktu lalu, media sosial heboh dan panas karena beberapa hal, baik itu masalah politik maupun masalah pritilan yang tidak penting. Suasana menjadi panas karena netizen saling adu argumentasi dan debat di ranah terbuka media sosial. Karena saya lelah dan sedang tidak tertarik dengan suasana tersebut, saya mencoba mendinginkan timeline di Twitter saya agar lebih sejuk. Caranya? Dengan mem-posting foto-foto pohon yang saya temui saat saya sedang traveling.

Foto pohon memang memiliki keseruan dan keindahan tersendiri. Foto pohon seringkali mengabaikan teknik-teknik ciamik fotografi karena sosok pohonnya sendiri pun sudah cukup memberikan kesan estetika tersendiri. Pohon memiliki beragam karakter, baik pohon yang gagah, pohon yang gemulai, pohon yang berisik, pohon yang tenang, damai, dan seterusnya.

Berangkat dari situ akhirnya banyak teman-teman saya mengompori untuk membuat lomba foto pohon yang ada di Indonesia. Singkat kata, jadilah kita bikin lomba foto dengan tema Pohon Indonesia (yang kemudian kami kasih tagar #PohonIndonesia). Tak disangka dan dikira, responnya sangat tinggi sekali dan partisipasinya sangat baik. Ternyata ada banyak sekali orang Indonesia yang gemar menikmati pepohonan. Siapa sangka pula jika keseruan ini mendadak melonjak hits-nya saat diulas oleh media Liputan6.com.

Siapa yang sangka, ide iseng ini malah bergulir jadi besar dan viral. Padahal hadiahnya hanya tshirt Geospotter, yang kemudian disambut dari beberapa pihak yang ingin memberikan hadiah tambahan sebagai bentuk partisipasi keseruan dan kepedulian atas pepohonan Indonesia. Antara lain Telkomsel yang memberikan bonus pulsa kepada semua pemenang, lalu CD soundtrack dari Abimana Aryasatya sebagai salah satu juri yang memilih dua pemenangnya. Dua juri lainnya adalah Aura Kasih dan Mas Ndorokakung. Untuk sebuah event dadakan yang dilakukan hanya 4 hari ( weekend, Jumat РSenin) lumayan sekali bisa mendapatkan 400 lebih foto pohon, berikut hasil traffic-nya di Twitter:

Snapshot 2014-09-18 12-06-36

Pohon bukan saja berfungsi sebagai peneduh tapi ada banyak juga foto pohon yang memiliki manfaat bahan makanan, obat-obatan, atau sekedar bumbu. Kekayaan dan keragaman #PohonIndonesia sangat membuka mata dan wawasan kita bahwa begitu kayanya Indonesia dengan keragaman vegetasinya. Selama ini kita mungkin kurang memberikan atensi khusus terhadap pepohonan yang ada di sekitar kita. Nyatanya pohon-pohon tersebut selain memberikan manfaat oksigen untuk kita ternyata juga memberikan manfaat estetis untuk kenyamana mata dan hati kita.

Advertisements

Leave a Reply