Pantai Batu Indah Di Ujung Runway Bandara Ambon

Kali kedua saya pergi ke Ambon dalam rangka memberikan kelas kreatif untuk komunitas pemuda di sana. Saat pertama kali mengunjungi Ambon, rasa penasaran saya sudah muncul sejak pesawat decent lalu mulai tampak pantai-pantai yang indah sekali. Salah satunya adalah pantai batu yang terletak di ujung landasan pacu Bandar Udara Pattimura.IMG_6186-small

Bandara ini dikelilingi oleh lautan, di sebelah Utara laut Seram, sebelah Selatan laut Banda, dan sisi Timur adalah laut Arafura. Pantai di tepian bandara ini adalah pantai batu. Jadi jika kita ingin bermain air, tidak perlu khawatir sepatu penuh dengan pasir. Yang lebih membuat menariknya adalah di ujung landasan pacu ini terdapat serangkaian lampu pemandu pesawat untuk mendarat di malam hari. Jejeran lampu ini menjadi ciri tersendiri dari pantai di sini. Sebuah tempat yang sepi, berangin, cocok sekali jika kita ingin santai meyendiri membaca buku atau membuat sketching. Desiran ombak yang pecah saat bertabrakan dengan batuan karakal, seolah menjadi backsound alam yang khas.

Ya.. tidak mungkin saya sampai sini tanpa petunjuk orang lokal, merekalah @ipankdewe @almascatie, dan @tero2_boshu, yang sejak awal setia dan tidak bosan menemani saya dan mengantarkan saya kemana saja. Mulai dari tempat makan, pantai wisata hingga pantai tersembunyi seperti pantai di ujung runway bandara ini. Bandara Pattimura ini bukan bandara “kemarin sore” bandara ini dibangun sejak jaman kolonial Belanda tahun 1939. Asumsi saya adalah bahwa letak bandara ini sudah merupakan letak strategis, aman, dan nyaman bagi penerbangan dan pendaratan pesawat terbang. Apalagi dengan pertimbangan gunung-gunung yang ada di sekitar bandara. Jangan-jangan keindahan lokasi bandara pun menjadi pertimbangan para insinyur-insinyur Belanda jaman dulu? Ah itu bisa-bisanya saya saja.

Lalu… Jika saya ditanya, bagaimana cara atau akses menuju pantai ini? Kendaraan umum apa? lewat mana? Ah jelas saya tidak bisa menjawab. Karena saat mengunjungi panrai ini saya hanya bilang ke rekan-rekan saya @ipankdewe @almascatie, dan @tero2_boshu bahwa menjelang landing saya melihat ada pantai bagus di ujung landasan, bisakah kalian bawa saya ke sana? Mereka langsung tancap gas!

Terima kasih Bang @ipankdewe @almascatie, dan @tero2_boshu.. Rindu rasanya berkeliling Ambon lagi dengan kalian e’ !

(Foto-foto milik @motulz)

Advertisements

Leave a Reply