Plaza Catalunia Barcelona, Membuat Fariz RM Terhanyut Nuansa

Gemerlap Pesta Kota
Seolah Getar Flamenco Mengalun Jiwa
Kududuk Terhanyut Nuansa
Disudut Semarak Plaza Catalunia..

Pernah tahu lirik lagu itu? Ya.. itu lirik lagu “Barcelona”-nya Fariz RM. Pernah sangat terkenal di era tahun 90-an. Saat itu Fariz RM baru pulang berpetualang ke Spanyol lalu sepulangnya dari sana ia merilis album “Living In The Western World” dan lagu “Barcelona” menjadi salah satu top hits-nya. Tidak heran jika TVRI pun sampai mendaulat lagu ini sebagai tune program siaran langsung Olimpiade Barcelona tahun 1992.

Entah sebuah kebetulan atau memang sudah direncanakan sebelumnya, tembang “Barcelona” ini seolah mengulang sukses hits Fariz RM sebelumnya yang mengambil tema negara Jepang, yaitu lagu “Sakura”. Lagu “Barcelona” bisa dikatakan ledakan kedua Fariz RM yang mengambil inspirasi dari sebuah negara juga yaitu Spanyol.

Namun pertanyaanya mengapa sebegitu terpikatnya Fariz RM dengan Barcelona ini? Rasa penasaran ini yang menyempatkan diri saya mencari tahu awal dari ide lagu Barcelona ini. Setelah saya telisik dalam liriknya, Fariz mengatakan bahwa ia duduk di sebuah taman dan “terhanyut nuansa”. Alasan ini lah yang membawa saya memaksa datang ke taman kota yang berada di tengah “jantung” kota Barcelona tepat di wilayah penuh turis, namanya Plaza Catalunia (Plaça de Catalunya).

Setibanya di taman, tidak butuh waktu lama bagi saya untuk ikut “terhanyut nuansa” dari Plaza Catalunia ini. Angin musim panas yang sejuk mengiringi kehadiran saya di taman yang dikelilingi pepohonan besar. Sebuah taman yang sebetulnya tidak terlalu luas, hanya semacam taman di tengah banyak persimpangan jalan. Kalau di Indonesia mirip dengan alun-alun lah. Sekitar Plaza Catalunia ini adalah pusat daerah turis di Barcelona. Ada hotel, pertokoan, supermarket, hingga sebuah jalan khusus pejalan kaki menuju pantai yang terkenal dengan nama La Rambla.

Sore itu, saya sengaja membuang waktu di Plaza Catalunia ini. Duduk di sebuah kursi kayu di salah satu sisi taman. Keriangan suasana cukup menyita perhatian saya. Anak-anak dengan gembira bermain-main dengan burung Merpati. Para orang tua asik menikmati makanan sambil sesekali mengambil foto anak-anaknya. Sementara di sekitar plaza, hiruk-pikuk turis mendominasi suasana di sana. Karena dekat situ ada sebuah tempat parkir bus khusus wisata, akses menuju sub-way, restoran, hingga toko busana branded yang kondang sekali di Jakarta 😀

Barcelona punya banyak sekali tempat wisata, namun saran saya sempatkan mampir sebentar ke taman berbentuk ellips ini. Sempatkan pula membawa iPod dengan lagu khusus yaitu “Barcelona”-nya Fariz RM. Saya jamin di antara keriuhan suasana taman ini, kita mampu hanyut sebentar dalam nuansa yang persis dirasakan oleh Fariz RM tahun 1987 dulu. Saya pun akhirnya percaya dengan salah satu kalimat dalam lirik lagu ini, bahwa kelak saya akan kembali datang mengunjungi Barcelona.. kapan? Entahlah..  doakan saja 🙂

Mungkin Esok Kukan Pergi
Tapi Kuberjanji
Pasti Diriku Kembali
Untuk Cinta Yang Tertinggal
Dijantung Barcelona

Spot: Plaza Catalunia Barcelona

 

 

Advertisements

Leave a Reply