Komunitas Hong: Penjaga Warisan Mainan Anak-Anak Jaman Baheula

Jangan main-main sama mainan; begitulah kira-kira kesan pertama saya saat main ke Bandung untuk berkunjung ke komunitas pelestari mainan anak-anak jaman dulu ini. Sungguh di luar dugaan saya bagaimana sebuah mainan anak-anak tradisional ini bisa penuh dengan petuah dan cerita.

Berlokasi di kawasan Dago Pakar, tempat Komunitas Hong ini memang tidak berkesan mewah dan megah. Dari tepi jalan hanya berbentuk rumah warga biasa, saat memasuki pekarangannya pun bukan tidak mungkin kita akan bertemu penghuni rumah lain dan nyaman untuk saling bersapa. Suasana ini sudah membawa kita ke sebuah keramahan khas masyarakat Bandung.

 

Komunitas ini berawal dari gagasan Mohammad Zaini Alif atau Kang Zaini, atau Kang Jae – seorang desainer produk lulusan Institut Teknologi Nasional yang sejak tahun 1996 begitu concern dengan dunia mainan anak-anak tradisional. Instingnya sebagai desainer membawa Kang Zaini tekun mendalami dan menelusuri kisah, cerita, dan jejak sejarah awal muasalnya mainan tradisional. Entah kebetulan atau sudah terencana, sepak terjang Kang Zaini ini ternyata malah menjadi sebuah gerakan sosial dalam pertahanan terahir pelestarian mainan anak-anak tradisional di era mainan anak-anak elektronik.

Saya yakin sekali, ada banyak dari kita yang masih ingat dengan beberapa permainan anak-anak tradisional. Semacam Bentengan, Deprok, Egrang, dan lain-lainnya. Namun berapa banyak dari kita yang tahu makna dan filosofi dibalik permainan-permainan itu? Di sinilah menariknya Komunitas Hong, mereka mendedikasikan waktu dan perhatiannya tidak sekedar melestarikan bentuk fisik dari mainannya saja melainkan juga konsep dan filosofi dibalik mainan tersebut. Siapa yang sangka dibalik sebuah permainan anak-anak tradisional ini ternyata terkandung nilai-nilai budi pekerti, filosofi menghargai sesama manusia bahkan filosofi ke-Esa-an Tuhan? See? tidak main-mainkan?

Tidak sukar koq buat teman-teman yang ingin berkunjung ke Komunitas Hong ini, lokasinya berada di Bandung atas alias Dago Pakar yang terkenal dengan Gua Jepang-nya. Apalagi bagi yang tahu Tebing Keraton? Tentunya perjalanan kamu ke atas sana harus melalui tempat Komunitas Hong ini, yaitu:

Jl. Bukit Pakar Utara 35 Dago Bandung 40198. Tlp. +62 22 2515775; 085295111950 – E-mail: kolecer@gmail.com

(Foto-foto milik @motulz)

Advertisements

Leave a Reply