Batu Tara: Pulau Gunung Api di Lembata NTT

“Ada pulau gunung api dan kemungkinan kita akan kesana” kata Pinneng ketua rombongan kami. Mendengar kabar tersebut tentu saya sangat kegirangan. Namanya Batu Tara, tidak pernah terbayangkan bagaimana sebuah pulau kecil yang tumbuh karena gunung api yang masih aktif dan kami akan berkunjung ke sana.

Kami mendapatkan jadwal berangkat tengah malam buta, saat itu kota Lembata sangat sepi sunyi. Walaupun saat siang hari Lembata ini panas sekali, namun di malam hari sangat dingin. Saya berangkat bersama para diver yang memang berencana akan menyelam di sekitar pulau. Sekitar pukul 2.00 tengah malam waktu NTT, kapal boat kami berangkat mengarungi Laut Flores meninggalkan Pelabuhan Lewoleba Lembata.

Nama Batu Tara, kami tahu dari masyarakat Lembata. Kalau di peta nama Batu Tara dikenal dengan nama Pulau Komba, berlokasi kurang lebih 70km dari Pulau Lembata ke arah Timur Laut. Malam itu ombak tidak terlalu besar, kami semua bisa tidur di atas motor boat dengan 3 mesin berkekuatan 600 horse power. Hampir 3 jam akhirnya kami tiba di tepian Batu Tara. Kapten kapal membanguni kami semua, tanpa banyak ba-bi-bu, kami semua langsung terpana dengan sambutan semburan pasir lava yang seketika menerangi sekitar kawah. Pasir lava tersebut langsung berhamburan dan tumpah ke laut. Ya.. kami semua terpana dan takjub dengan adegan tadi.

Tak lama setelah itu, kapten kapal menghentikan mesin boat, sunyi senyap seketika menyelimuti suasana di kapal boat kami, tiba-tiba.. boom! Letusan susulan muncul, semburan debu dan pasir lava kembali menerangi kawah. Suara gemuruh meguasai suasana di sekitar kapal kami. Ingin rasanya kami bersorak, namun yang terjadi adalah kami semua hanya bisa terpana dengan kekaguman yang luar biasa.

Setelah beberapa kali kami menyaksikan letupan, matahari mulai muncul. Seketika penampakan Pulau Komba lebih jelas terlihat. Pak kapten kapal lantas membawa kami di bagian belakang pulau dan kami bersiap untuk menyelam. Saya tidak tahu bagaimana pemandangan bawah laut di Batu Tara, karena saya tidak ikut menyelam. Tugas saya merekam suasana di daratan. Kapal kami bersandar di sisi pantai yang landai. Beberapa awak kapal menambatkan tali, sementara rekan saya Bang Rahung langsung megambil gambar video. Sementara saya? langsung mengambil posisi untuk mensketsa suasana pantai di Batu Tara.

Bagian punggung Pulau Komba ini sangat indah, pepohonannya lebat, bebatuannya bagus sekali. Kami mendengar banyak sekali suara-suara burung. Di langit, seekor elang terus saja hilir-mudik seakan mengintai kami. Setelah teman-teman diver selesai mengambil foto bawah laut, kami semua kembali ke kapal untuk meninggalkan Batu Tara. Belum jauh kami berjalan pulang, tiba-tiba… boom! Batu Tara meletus lagi.. hembusan awan kelabu menggumpal di atas kawah. Seolah mengucapkan selamat tinggal kepada kami semua.

IMG_5889-small

Sampai jumpa Batu Tara.. saya sungguh kagum dan menikmati keindahannya

Lokasi Batu Tara / Pulau Komba, Lembata Nusatenggara Timur:

 

Advertisements

3 thoughts on “Batu Tara: Pulau Gunung Api di Lembata NTT

  1. Pingback: Jelajah Surga di Bentaran Timur Indonesia – Site Title

Leave a Reply