Cologne Cathedral, Gereja Yang Mengharumkan Kota Köln Jerman

Kota Köln tidak ada dalam rencana perjalanan kami, sekedar mampir namun kami dikejutkan dengan sebuah bangunan yang sungguh membuat kami terpana, namanya Kölner Dom.

Dalam perjalanan sketching saya dan Sheila (@sheilaro2105) ke beberapa kota Eropa, mungkin cuma kota Köln yang tidak terlalu kami harapkan akan memberikan kejutan hebat. Maklum sepanjang kota yang kami tuju kami memang sengaja tidak mengorek-orek informasi tentang kota tersebut, seakan membiarkan kejutan-kejutan dari tiap kota muncul sendiri begitu saja.

DSC00128-small

Awalnya saya masih suka kagok antara menyebutkan Köln atau Cologne? dalam sebutan Bahasa Inggris. Karena bagi saya sebutan Cologne itu hanya ada pada minyak wangi jaman saya SD yaitu minyak wangi 4711. Selain itu saya sering melihat tulisan eau de cologne di banyak botol parfum, wajar jika saya kagok menyebutkan nama kota seperti menyebutkan parfum bukan? Namun kejutan saya terbayar tunai, saat kami turun dari kereta kami disambut dengan tulisan besar sekali “4711 Cologne”, sungguh menggambarkan sebuah kota yang harum.

Namun, keharuman kota Cologne atau Köln ini ternyata lokasinya tidak jauh dari stasiun kereta tempat kami tiba, yaitu sebuah gereja yang sangat besar dan membuat kami terperangah. Yup.. namanya Kölner Dom atau Cologne Cathedral. Yang konon merupakan salah satu gereja terbesar di Eropa Utara dan masuk dalam World Heritage Site. Saya bisa merasakan kebesaran dan keagungan gereja yang berwarna hitam ini. Saking besarnya saya pun sulit untuk mengambil foto karena harus menggunakan lensa mata ikan agar cembung. Akhirnya saya hanya mencoba mengambil gambar detil ornamen yang terdapat pada bagian-bagian gereja.

Jadi jika kamu berkesempatan jalan-jalan ke Jerman, sempatkan lewat Köln dan singgah sebentar saja untuk melihat megahnya gereja bergaya gotik ini.

Walau secara bentuk menaranya sepintas mirip dengan Candi Prambanan, Namun tinggi menara gereja ini 3 kalinya tinggi Candi Prambanan. Tidak heran jika dalam banyak kartu pos yang dijual di Kota Köln bayak terlihat foto panorama kota dengan dua menara gereja ini yang menjulang.

(Semua foto milik @motulz, diambil dengan iPhone 6 dan Sony α 5000)

Advertisements

Leave a Reply