Arrowtown, Kota Kecil di New Zealand Dengan Dampak Besar

Saya mendapatkan jadwal untuk mengunjungi sebuah kota kecil bernama Arrowtown. Di kepala saya kota ini sepi dan membosankan, tapi penasaran ini yang membawa saya ke sana. Saat singgah di kota bergaya “koboi” ini saya tidak menyangka bahwa kota kecil ini pernah memiliki kebesaran kisah masa lalunya atas sejarah perkembangan negara New Zealand.

Letak kota yang jaraknya kurang dari satu jam perjalanan mobil dari Queenstown tentu membuat kota kecil ini hidup dan ramai disinggahi wisatawan dari Queenstown. Daya tariknya selain kota ini tenang sekali, pemandangan yang indah, juga begitu baiknya cara mereka melestarikan sejarah kota Arrowtown di masa lalu. Kenapa sejarah Arrowtown begitu penting?

Arrowtown tampak atas

Arrowtown tampak atas

Sekitar abad 17 kota yang letaknya dilalui Sungai Arrow ini ramai dikunjungi pendatang dari berbagai bangsa termasuk bangsa Cina. Kehadiran mereka ini dipicu dengan ditemukan emas di sekitar Sungai Arrow. Sejak itu daerah ini tumbuh dengan bermunculannya pemukiman, pabrik pengolahan emas, toko, sekolah yang kemudian tumbuh menjadi kota. Tak disangka bahwa akibat pertambangan emas ini lah maka New Zealand banyak didatangi para pendatang pemburu emas dunia yang kemudian ikut membangun dan membesarkan negara ini.

Buckingham Street (Foto dari Arrowtown.com)

Buckingham Street (Foto dari Arrowtown.com)

Nah yang asiknya lagi adalah, kota Arrowtown hari ini berhasil memelihara kebesaran sejarah masa lalunya (heritage) tersebut yang dipadu apik dengan keindahan alamnya. Karena kota ini tidak besar maka kita bisa keliling-keliling cukup dengan berjalan kaki. Bangunan-bangunan lama masih bisa kita temukan di sekitar kota juga mesin-mesin antik yang digunakan untuk tambang emas di abad 17 itu masih bisa kita lihat di dalam museum yang juga menceritakan masa lalu Arrowtown. Belum lagi resto dan kafe dengan nuansa bangunannya yang antik dan asik

Menikmati kota Arrowtown merupakan keasikan tersendiri, selain untuk Anda yang menyukai sejarah juga bagi Anda yang gandrung dengan permainan golf karena di sana terdapat Sir Michael Hill’s Championship Golf Course yang rutin menjadi tuan rumah ajang New Zealand Golf Open. Jika anda penulis, musisi, seniman, atau pekerja yang membutuhkan tempat tenang yang inspiratif, saya pikir Arrowtown bisa jadi salah satu pilihannya.

Info lengkap: www.arrowtown.com

Advertisements

Leave a Reply