5 Alasan Wellington Layak Jadi Ibu Kota Kreatifnya New Zealand

Kesempatan mengunjungi New Zealand, salah satu kota yang wajib saya tuju adalah Wellington. Ada 5 alasan yang saya temukan kenapa Wellington layak disebut sebagai Creative Capital atau “ibu kota kreatif”-nya New Zealand, apa saja?

  • Kolaborasi cantik budaya Maori dengan budaya hipster ; Kelebihan dari New Zealand adalah perpaduan budaya Maori dengan budaya moderen yang terolah begitu baik. Sementara Wellington sebagai kota dengan spirit hipster-nya justru memiliki banyak sekali museum yang mengkhususkan pelestarian dan kolaborasi dari kedua budaya tersebut. Sebut saja misalnya Museum Te Papa yang menyajikan bagaimana kisah sejarah berdirinya New Zealand berkaitan dengan suku Maori dengan pendatang Inggris. Cara penyajian museum ini pun sangat bagus dan moderen sekali.
Seni instalasi karya Para Matchitt, tentang leluhur mereka yang tiba di Aotearoa

Seni instalasi karya Para Matchitt, tentang leluhur mereka yang tiba di Aotearoa

  • Galeri & seni instalasi ; Tidak sulit menemukan galeri di Wellington, mulai dari galeri seni, butik, hingga galeri seni kontemporer. Selain itu juga seni instalasinya di tempat-tempat publik pun cukup menghiasi di banyak lokasi, mulai dari jalanan, gang antar bangunan, halaman gedung parlemen, hingga di tepi pantai pun mudah saja kita menemukan banyak karya seni. Hal lain yang menarik adalah di seni instalasi tersebut kita bisa temukan banyak sekali quotes yang “tersembunyi”, cobalah temukan beberapa di antaranya.
  • Industri kreatif kelas dunia ; Sejak kemunculan trilogi film Lord Of The Rings sudah tidak diragukan lagi bahwa industri kreatif New Zealand bisa demikian hidup dan pesat di kancah perfilm-an dunia. Salah satu sumber imbas besar ini berawal dari sebuah studio kecil yang berada di daerah Miramar Kota Wellington yaitu Weta Workshop. Hingga saat ini Weta Workshop masih menjadi salah satu studio special effect langganan film-film berkelas dunia. Situasi ini jelas dimanfaat dengan baik oleh warga dan pemerintah kota Wellington.
  • Creative-hub & hang Out ; Hal penting dalam industri kreatif adalah jejaring kreativitas. Wellington memiliki banyak sekali “mata kail kreativitas” yang berkait antara satu dengan yang lain. Selain perusahaan yang bergerak di industri kreatif Wellington juga memliki banyak kampus berlatar belakang disiplin ilmu pendukung industri kreatif, seperti TV, film, arsitektur, desain, dan seterusnya. Selain itu banyak juga tempat hang out atau nongkrong yang asik buat ngobrol atau diskusi kreatif, seperti misalnya resto Charly Noble atau The Flight Coffee Hangar.
  • Kebijakan & Kreatif ; Apalah artinya kota kreatif tanpa kebijakan pemerintah. Wellington merupakan kota pemerintahan. Sejak pindahnya pemerintahan New Zealand dari Auckland ke Wellington menjadikan kota ini aktif dengan suasana politik. Situasi ini jelas merupakan hal strategis bagi Wellington juga bagi New Zealand. Maka jangan kaget bagaimana besarnya dukungan pemerintah New Zealand atas industri kreatifnya

New Zealand memang sudah lama dikenal sebagai negara dengan alam dan pemandangannya yang cantik, di luar itu kini New Zealand dikenal juga sebagai negara dengan booming aktivitas kreatifnya dan Wellington pun dinobatkan sebagai ibu kota kreatifnya. Tidak percaya? silakan mampir ke kota ini jika ada kesempatan. Untuk info lebih lengkapnya bisa langsung cek laman ini www.newzealand.com/creative_capital

Advertisements

Leave a Reply