Terhanyut Keindahan Kota Heidelberg

Pagi itu karena saya sedang tidak ada ide mau kemana, akhirnya iseng memutuskan ke stasiun kereta untuk berkunjung ke kota Heidelberg untuk melihat kastilnya yang begitu megah! Seperti apa?

Tahun 1994 dulu, salah satu grup musik kondang Indonesia yaitu KLa Project merilis album barunya bertajuk “Ungu”. Sebagai penutup di albumnya itu sebuah lagu berjudul “Heidelberg Oct. 92”. Seketika saya teringat dengan lagu KLa Project tersebut karena selain nama kota Heidelberg, ternyata saat itu persis 21 tahun yang lalu, yaitu bulan Oktober 2015.  Alunan syahdu lagu ini seketika mengisi memori kepala saya seiring perjalanan saya 1 setengah jam dari Frankfurt menuju Heidelberg.

 

Heidelberg ini konon katanya adalah sebuah kota pelajar. Lokasinya berada di lintasan sungai Neckar dan berbukit. Sesampainya saya di stasiun kereta Heidelberg, saya langsung tanya sana-sini bagaimana saya bisa ke daerah kota tuanya dan berkunjung ke kastil. Satu kali naik bus saya langsung sampai di wilayah kota tuanya yang penuh dengan bangunan lama. Seperti umumnya kota-kota di Jerman, gereja bergaya abad pertengahan pun berdiri megah di antara bangunan-bangunan lama.

Kastil Heidelberg ini berada di atas bukit, para wisatawan bisa dengan mudah membeli tiket terusan untuk naik-turun cable car, dan tiket masuk kastil.  Iseng saya berkelanjutan, saya mencoba naik ke kastil dengan jalan kaki mendaki bukit. Saya pikir karena saat itu udara cukup dingin sekitar 8ºC bisa membuat saya sejuk saat hiking. Ternyata perhitungan saya salah. Lima belas menit saya jalan menanjak dan ngos-ngosan sesampainya di teras belakang kastil. Catatan : Jangan ditiru! Mending naik cable car ajah!

Sebetulnya saya ingin sekali meng-attach lagu “Heidelberg Oct-92” -nya KLa Project, supaya bisa membayangkan indahnya kota ini dengan iringan lagu yang syahdu. Tapi saya tidak tahu caranya dan khawatir terkena UU pembajakan lagu euy.. hehe.. so enjoy foto-fotonya aja ya..

Kastil Heidelberg masih terawat dengan baik, dari atas sini kita bisa melihat hamparan kota dengan lintasan sungai Neckar yang begitu indah. Padahal bangunan dengan gaya baroq ini dibangun satu angkatan di bawah generasi kerajaan Majapahit! Tapi masih terawat dan terjaga dengan baik. Selain itu sudah menjadi magnet wisatawan mancanegara yang singgah ke Heidelberg. Keindahan kastil dan pemandangan kota Heidelberg seolah memancing saya untuk me-rewind lagu KLa Project tadi. Hembusan angin dingin yang merangsak masuk jaket saya, seolah membelai sesuai dengan suara string keyboard yang mendominasi instrumen pada lagu “Heidelberg Oct’92” ini.

(Semua foto milik @motulz)

Advertisements

2 thoughts on “Terhanyut Keindahan Kota Heidelberg

Leave a Reply