Saatnya Jalan-Jalan Ke Auckland, New Zealand

Entah kenapa masih sedikit sekali traveler Indonesia yang melancong ke New Zealand, mungkin karena pilihan rute penerbangannya masih sedikit? Dari beberapa yang ada mungkin sudah saatnya kalian merencanakan liburan ke Auckland, karena beberapa maskapai penerbangan seperti AirAsia ternyata sudah membuka rute ke Auckland!

Auckland adalah kota terbesar dan tersibuk di New Zealand. Kota ini adalah jantung perekonomian dan bisnis negara Kiwi. Sepertiga penduduk New Zealand berdomisili di sini. Tidak heran jika Auckland terasa sekali sebagai kota metropolitan yang penuh dengan gedung-gedung tinggi.

Dari salah satu gedung tinggi di Auckland adalah sebuah menara, yang sudah lama menjadi ikon dari kota Auckland. Namanya Sky Tower, digunakan bukan saja sebagai menara untuk para antena komunikasi, melainkan juga sebagai tempat makan, hang out, bahkan lokasi perjudian (casino). Tingginya hampir 2 kalinya Monas, tidak heran jika termasuk bangunan tertinggi di dunia untuk kawasan bumi selatan. Beruntung sekali saya pernah menginap di hotel Sky City ini, selain bagus kamarnya juga lokasinya memang tepat di jatung keramaian kota Auckland.

IMG_8584-small

Yang unik dari Auckland ini adalah walau karakter kotanya sangat urban namun juga memiliki pesona wisata alamnya yang sangat indah. Ada banyak sekali paket wisata alam di Auckland, mulai dari wisata hiking ke perbukitan, pegunungan, air terjun, pantai pasir putih, pasir hitam (pasir besi), hingga wisata lautnya. Maka tidak heran jika perpaduan ini jadi unik sekali. Misalnya.. kita bisa dengan mudah belanja tas branded di satu toko, lalu di tempat yang tidak jauh kita bisa membeli tas kerajian lokal Maori. Kemudian menikmati makan kelas berbintang tapi di kawasan rainforest, atau bisa nekad mencoba bungy jumping dengan pilihan dari atas TV tower? atau tebing bukit? mild or wild water attraction? Semua ada dan berpadu klop di Auckland, seru kan?

Tidak semuanya moderen, di Auckland kita pun masih bisa menikmati bangunan heritage yang masih rapih terjaga. Salah satunya adalah bangunan dermaga Auckland yang selalu sibuk mengantarkan penumpang dari Auckland ke pulau-pulau di sekitar Auckland. Auckland memang memiliki banyak pulau-pulau kecil yang sangat bagus dan cantik sekali. Salah satu pulau yang saya kunjungi adalah Waiheke Island. Sebuah pulau di mana restonya hanya menyajikan masakan lokal pulau saja, jadi jangan harap kita bisa menemukan tempat makan seperti McD, KFC, atau Starbucks. Pulau ini mayoritas dihuni oleh seniman dan penulis buku. Ditempuh dengan kapal cepat kurang lebih 40 menit saja dari dermaga Auckland.

Pulau Waiheke sendiri memiliki banyak atraksi wisata yang menarik, mulai dari vinery (kebun anggur), tempat makan, bahkan galeri seni instalasi di sebuah hamparan taman terbuka yang sangat luas! namanya ConnellsBay Sculpture Park. Jadi saat kita mengunjungi galeri ini tidak ubahnya kita sedang melakukan hiking ke bukit-bukit. Karena memang demikian, semua karya instalasi yang dibuat oleh seniman New Zealand ini dipajang di lokasi yang agak berjauhan dan berbukit. Saya dibuat terpana dan terperangah saat jalan-jalan menikmati sculpture park ini.. sungguh! Terlebih di salah satu karyanya ada sebuah karya instalasi dengan ambiance suara yang ternyata suara tembang gamelan Jawa.

Duh.. terlalu banyak yang bisa saya ceritakan dari serunya jalan-jalan di Auckland, saya belum menceritakan wisata kuliner dan dunia seninya. Karena Auckland dulunya merupakan kota tempat pertemuan banyak ras dan pendatang, maka tidak heran jika percampuran seni dan budayanya pun sangat unik dan khas sekali. Saya pikir saya harus bahas ini ditulisan lainnya lagi. Nah.. silakan cari waktu cuti atau liburan, cek harga tiket Jakarta – Auckland, coba lewat AirAsia, barangkali saja kamu menemukan tanggal yang pas dengan paket harga murah. Selamat jalan-jalan!

Info lengkap: aucklandnz.com

Video is credited by Auckland Tourism, Events and Economic Development Ltd.

Advertisements

Leave a Reply