Mengintip Ajaibnya Weta Workshop di Wellington New Zealand

Mungkin banyak yang belum tahu jika ada banyak sekali film box office buatan Hollywood yang dikerjakan di New Zealand bahkan termasuk kru dan ahli special effect-nya? Namanya Weta Workshop, sebuah perusahaan yang khusus mengerjakan properti film dan special effect. Begitu besar dampak dari hasil karya Weta ini maka siapa yang sangka jika akhirnya kantor dan gudang mereka pun akhirnya menjadi destinasi wisata di Wellington New Zealand?

weta_feat

Bagi saya, New Zealand itu merupakan sebuah negara impian yang harus dikunjungi salah satu alasannya karena keberadaan perusahaan kreatif bernama Weta Workshop. Terletak tidak jauh dari bandara Kota Wellington dan bukan di daerah perkantoran melainkan komplek hunian biasa. Kebesaran karya kreatif Weta ini bisa terlihat di banyak film-film besar Hollywood, sebut saja Lord Of The Rings, Narnia, District-9 dan masih banyak lagi. Dari film-film tersebutlah maka saya ingin sekali bisa melihat proses kreatif di balik layarnya.

Pagi-pagi sekali saya langsung meluncur dari hotel menuju Weta Workshop, saya beruntung mendapat kesempatan untuk bertemu dengan salah satu orang tim kreatifnya. Saya janjian dengan Christian Pearce, salah satu senior concept artist-nya setelah istirahat makan siang untuk ngobrol-ngobrol tentang proses kreatif. Mumpung masih pagi saya mengikuti tur keliling “bengkel”-nya Weta yang berlokasi pas di sebelah gedung kantornya, namanya Weta Cave. Di sana kita bisa melihat museum kecil semua koleksi  properti film yang pernah dikerjakan oleh tim Weta. Rasanya kagum sekali melihat bagaimana detil dan telatennya mereka dalam mengerjakan properti film yang bisa jadi tidak terlalu terlihat di kamera. Yang ternyata menurut Christian Pearce, detil dan telaten tersebut merupakan kenikmatan tersendiri bagi hampir semua pekerja di Weta.

Memasuki tur Weta Cave, kita tidak diperbolehkan membawa tas, merekam gambar atau foto, hingga tidak boleh menyentuh semua properti yang ada di dalam lokasi tur. Kita diajak masuk ke dalam sebuah ruang panel yang berisikan proses pembuatan properti film. Di situ saya akhirnya tahu jika baju zirah di film Lord Of The Rings, yang nampak terbuat dari besi dan sangat tajam, ternyata terbuat dari bahan busa yang tidak berbahaya sama sekali saat dikenakan. Tipuan material dan olahan tekstur yang begitu rapih dan detil mampu memberikan kesan maksimal saat tampil di layar film. Belum lagi properti senjata, helm, hingga mobil yang ada di film Jurassic Park 3. Di ujung tur kita diajak masuk ke salah satu ruang kerja, di situ kita bisa langsung melihat dua orang pekerja kreatif Weta yang sedang bekerja. Kita boleh bertanya-tanya dengan mereka sambil mereka melanjutkan kerjanya.

Siapa yang sangka bahwa hanya dengan pekerjaan kreatif dalam membuat properti film, Weta akhirnya selain mampu mendorong bisnis wisata di New Zealand juga mampu menjadi sebuah negara potensi industri film? Bukan cuma Weta, namun keindahan alam, jenis, kontur, dan variasi alam New Zealand kini sudah menjadi incaran para pencari lokasi film. Saya pun memanfaatkan kesempatan ini dengan berkunjung ke Queenstown tempat di mana banyak sekali lokasi yang digunakan sebagai tempat set dari film-film kenamaan seperti trilogi Bourne dan X-Men. Saya cukup mengikuti paket tur dengan mobil 4×4, seperi Nomad Safaris. Saya diajak berkeliling oleh Andre – tour guide dari Nomad Safaris Queenstown NZ, menyusuri banyak tempat yang digunakan oleh banyak film-film Hollywood. Di situ saya mendapatkan bonus dua sekaligus yaitu berkunjung ke lokasi shooting plus menikmati alam Queenstown yang sungguh cantik dan indah sekali.

Jadi bagi teman-teman yang tidak terlalu paham dengan dunia layar lebar, jangan khawatir karena tetap bisa menikmati keindahan dari lokasi-lokasi shooting yang ada di New Zealand. Nah.. setelah berkunjung ke lokasi-lokasi dan melihat properti-properti asli dari film-film tadi, saya mencoba menonton ulang film-filmnya, rasanya beda sekali karena selain kita menikmati keindahan film tersebut kini kita bisa menghargai proses panjang dibalik pembuatan filmnya. Selamat berkunjung ke New Zealand!

Advertisements

2 thoughts on “Mengintip Ajaibnya Weta Workshop di Wellington New Zealand

  1. Thanks gan info yang bagus dan bermanfaat.
    Ehh gan, bekerja di kapal pesiar / cruise ship entah sebagai chef atau koki, crew, dan lain-lain sangat menyenangkan sekali lho.. Kenapa? Soalnya bekerja bisa sekaligus keliling dunia dan itupun dibayar dengan gaji yang besar.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca ya gan.

Leave a Reply