Kalau Ke Lombok, Harus Main ke Desa Wisata Ini

Namanya Desa Sade, letak lokasinya lebih dekat ke Pantai Kuta Lombok. Jadi kalau dari bandara ke Mataram kita mengarah ke kanan, maka Desa Sade ke arah kiri. Memang menjauh dari suasana kota, namun menurut saya jutsru lebih menarik dan bagus pemandangan juga suasananya.

Desa Sade ini sendiri adalah sebuah desa wisata yang sudah banyak melakukan perbaikan. Ada banyak rombongan wisatawan baik dalam maupun luar negeri yang singgah ke desa ini. Awalnya, ketika salah seorang manager Novotel Hotel Kuta singgah ke desa ini lalu menawarkan sebuah paket wisata adat ke Desa Sade, sejak itu pertumbuhan wisatawan terus bertambah. Begitulah dari apa yang diceritakan oleh Sanah Ardinata (41 tahun) atau lebih akrab dipanggil dengan Pak Embar yang sudah menjadi tourist guide sejak tahun 1991.

Perkembangan Desa Sade ini memang terlihat sekali perubahannya. Mulai dari acara penyambutan para tamu, tempat parkir, rumah-rumah desa yang lebih terawat, juga banyaknya orang lokal yang menjadi pemandu wisatanya. Belum lagi anak-anak yang sudah mulai ikut andil menjadi pengisi acara untuk tamu wisatawan. Misalnya dua anak ini, Tino (13 th)  dan Mawi (10th) yang sudah mulai menekuni latihan menari sepulangnya sekolah untuk menyambut para wisatawan.

Tino dan Mawi

Sementara itu untuk tokoh yang paling tua dan dituakan, adalah Amak Enti yang usianya sudah mencapai 45 tahun namun tetap bugar menjadi penari sebagai tokoh jenaka penghibur raja, yang dikenal dengan sebutan Amak Tepengus. Selain karakter jenaka, juga ada tarian penyambutan tamu yang lebih gahar, yaitu tarian petarung yang disebut Peresean. Tari Peresan ini adalah sebuah tarian aksi tarung dua orang pria yang saling memukul dengan tongkat rotan ke perisai (endei) masing-masing lawan.

Suasana di Desa Sade ini sungguh kuat suasana adat dari suku Sasak Lombok. Kita bisa menikmati adatnya mulai dari tarian, proses tenun kain, pembuatan benang, arsitektur rumah adat, hingga proses melicinkan lantai dengan kotoran sapi. Jika liburan kali ini berencana ke Lombok, sempatkanlah singgah di desa ini.

Peta lokasi :

Advertisements

Leave a Reply