Belajar Kebudayaan Cina di Klenteng Tertua di Semarang

Sepengetahuan saya, klenteng adalah tempat beribadat umat penganut kepercayaan tradisional Tionghoa, yaitu Konghucu. Namun yang menarik dari klenteng yang satu ini, digunakan juga sebagai tempat belajar kebudayaan dan kesenian tiongkok.

Namanya klenteng Tay Kak Sie, merupakah salah satu dari empat klenteng tertua di Semarang. Berlokasi di Gang Lombok yang terkenal sebagai salah satu lokasi wisata kuliner, klenteng ini cukup besar dan luas, termasuk tempat parkirannya. Kedatangan kita disambut dengan megahnya patung admiral Cheng Ho.

Tay Kak Sie atau yang berarti Maha Kasih, didirikan pada tahun 1746 sebagai tempat memuja Dewi Kwan Im. Klenteng ini merupakan klenteng terbesar dan tenglengkap yang berada di Semarang. Lokasinya saat ini merupakan hasil penerawangan ahli feng shui saat itu. Dulunya merupakan kebun cabe (lombok). Oleh beberapa saudagar kaya akhirnya dibangunlah klenteng ini yang kemudian sering disebut warga sekitar sebagai klenteng gang lombok.

Jadi jika ada yang berencana pelesir ke Semarang, tidak ada salahnya untuk singgah di klenteng ini, sekalian bisa jajan lumpia dan es kolang-kaling yang berada di sebelah klenteng. Silakan mark tanda peta di bawah :

(Semua foto dan video milik @motulz)

Advertisements

Leave a Reply