Perhatikan 5 Hal Unik Ini Saat Kamu Berada di Tokyo

Jepang memang terkenal sebagai negara yang memiliki budaya yang unik dan menarik. Selain budaya leluhur yang masih apik terjaga juga budaya masyarakat moderennya, Berikut ini adalah lima hal yang sering kita lihat saat kita plesir ke Kota Tokyo, Jepang :

1. Hormat dengan membungkukkan badan

Budaya membungkukan badan sebagai tanda hormat sudah lama kita kenal sebagai budaya orang Jepang. Konon ada yang bilang makin rendah atau makin lama membungkuknya, maka makin tinggi rasa hormatnya. Bungkuk menghormat ini bisa kita temukan tidak selalu antar sesama, tapi juga ketika petugas bus membungkuk saat bus hendak jalan, bahkan ground crew pun membungkuk saat pesawat mau beranjak. Saat berada di Jepang, kita bisa ikut mencoba perilaku baik yang satu ini. Di beberapa kesempatan saya mencoba melakukan hormat dengan membungkuk sebelum saya bersalaman. Respon dari orang lokal pun terasa nikmat dan nyaman, karena hampir semua melakukan hormat balik ke kita, diiringi dengan sapaan selamat dan ucapan-ucapan yang baik untuk kita. Mustinya budaya saling memberi hormat ini bisa kita terapkan di Indonesia ya?

2. Sapu Tangan di atas meja

Saya kira ada tamu yang ketinggalan sapu tangannya, ternyata saya salah. Ada budaya santun yang unik, menarik, dan rasanya layak kita coba di Indonesia, yaitu meninggalkan sapu tangan di atas meja rumah makan atau kafe sebagai tanda bahwa meja itu sudah ada yang ambil. Jadi semacam tanda “reserved“. Bisa jadi si tamu sedang ke toilet atau sedang ke counter pemesanan. Jadi, jangan dulu ge’er jika di Jepang kita duduk di meja kosong yang ada sapu tangannya, lalu ketika si pemilik sapu tangan itu datang dan menyapa kamu, bukan berarti ia ingin berkenalan dengan kamu tapi ia kasih tahu kalau meja itu sudah dia ambil terlebih dahulu.

3. Suara burung di stasiun kereta

Bisa jadi kita tidak sadar, maklum saja karena suara burung di stasiun kereta ini ditujukan kepada para penumpang yang tuna netra. Suara burung ini dihasilkan oleh sebuah alat yang dipasang di tangga-tangga menuju gate peron kereta. Gunanya sebagai penanda atau penunjuk bagi para penunpang kereta yang tuna netra. Walaupun saat kereta datang bersuara bising, ternyata frekwensi suara burung tadi tetap bisa kita dengar walau samar-samar.

Hal sepele seperti alat bantu tuna netra ini, sudah menjadi sarana atau fasilitas wajib yang disediakan oleh pengelola kota Tokyo. Dibuat dan dipasang bukan sekedar lucu-lucuan atau sekedarnya saja. Selain fungsinya yang membantu para penumpang disabilitas juga menarik dan unik bukan? Saya pikir metode atau alat ini sepertinya bisa diterapkan juga di TransJakarta, CommuterLine, atau kelak di MRT dan LRT juga bukan?

4. Jalan kaki

Rasanya hampir di semua kota di dunia dengan sistem transportasi massa yang maju akan membuat fasilitas pejalan kakinya dengan sangat baik. Di Tokyo, pejalan kaki merupakan moda transporasi yang sangat umum. Terlihat dari bagaimana akses pejalan kaki dibuat oleh pemerintah kotanya. Satu transportasi dengan transpotasi lainnya dihubungkan dengan akses pejalan kaki. Begitu pun dari gedung satu ke gedung lainnya. Berjalan kaki bukan tanda orang ekonomi rendah, berbeda dengan di Jakarta atau Indonesia, seakan-akan jalan kaki itu hanya dilakukan oleh orang yang tak punya kendaraan pribadi dan berekonomi rendah.

5. Gang kecil tanpa selokan

Lahan di Tokyo sudah sangat mahal sekali, akhirnya lahan yang ada pun digunakan dengan sangat maksimal. Tidak heran jika di pusat kota Tokyo banyak sekali toko, restoran, bahkan kantor pun berada di dalam gang. Yang menarik, semua gang di pusat kota Tokyo itu rapih dan bersih sekali. Semua selokannya tertutup, sehingga selain memperluas lebar gang juga menjadikan pemandangan gang menjadi lebih bersih. Berbeda dengan di Jakarta, kita masih bisa menemukan selokan yang terbuka di mana-mana, apalagi di dalam gang bukan?

Nah.. dari 5 hal tadi saya yakin masih banyak hal lain yang menarik dan unik yang bisa kita temukan saat kita plesiran ke Tokyo, atau mungkin kota lain di Jepang bukan? Nah! coba temukan dan share pengalaman kalian juga ya 🙂

Advertisements

Leave a Reply