UNESCO Ancam Cabut Status di Indonesia, Travel Blogger Angkat Bicara

Barusan adalah judul dari artikel di Okezone beberapa waktu lalu. Tentang rencana UNESCO mencabut beberapa status di beberapa lokasi di Indonesia. Lalu Okezone menghubungi saya dan meminta pendapatnya sebagai salah satu travel blogger #uhuk. Ya kira-kira seperti yang dituliskan Okezone di bawah ini.

Saya pernah bertemu dengan ibu Ratna Suranti dalam acara makan siang dan ngobrol santai undangan dari AirAsiaGo, beliau adalah Direktur Pencitraan Indonesia, dari Direktorat Jendral Pemasaran Pariwisata, Kemenparekraf. Beliau punya gagasan bagus yaitu ingin membuat sebuah kongres besar blogger skala nasional. Saya bilang, gagasan itu sudah berjalan. Ada beberapa acara besar dari blogger di Indonesia, yang belum ada dan musti segera dibuat adalah kongres khusus travel blogger. Kutipan ini yang nampak jadi menarik buat Okezone berkaitan dengan rencana UNESCO tadi. Semoga kongres travel blogger benar akan menjadi kenyataan 🙂

Berikut artikel dari Okezone:

JAKARTA – UNESCO mengancam akan mencabut Status Warisan Dunia yang ada di Indonesia. Menurut salah seorang travel blogger, Indonesia sudah saatnya mempunyai sebuah forum untuk membantu menyuarakan hal ini kepada publik.  
“Kita perlu sebuah konferensi blog traveller yang secara khusus membahas isu-isu aktual, baik yang sedang terjadi maupun yang belum, guna mengantisipasi tindakan apa yang mesti dilakukan untuk menyelamatkan situs-situs tersebut,” kata Anto Motulz, travel blogger yang juga pecinta fotografi.
 
Dia menambahkan bahwa ada atau tidaknya status Situs Warisan Dunia UNESCO, semua tempat yang mengandung nilai sejarah serta berpotensi besar bagi pariwisata sudah sepatutnya dijaga. “Jadi, pembahasannya bukan kalau ada kasus-kasus saja. Ini bisa jadi ajang promosi wisata daerah-daerah yang belum diminati wisatawan,” tambahnya, ketika dihubungi Okezone, baru-baru ini.
 
Kegiatan yang dimaksudkan oleh pemilik akun @motulz ini diharapkan dapat didukung oleh pemerintah pusat maupun daerah serta kalangan travel blogger. Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa kegiatan itu nantinya juga akan menggali potensi wisata yang ada dan para travel blogger tinggal menyuarakannya kepada publik melalui tulisan.
 
Kegiatan pun bukan selesai sebatas pada pemimpin yang sedang menjabat, melainkan sebuah program yang berkelanjutan. “Bukan program yang dimiliki oleh perorangan, tetapi bersama. Harapan saya, dengan nantinya ada pemimpin baru, hal-hal memperihatinkan seperti ini bisa segera diatasi dan usulan ini bisa diaplikasikan. Toh, juga demi menjaga bumi Indonesia juga dari kehancuran,” tutupnya.
(ftr)

(Foto-foto milik @motulz)

Advertisements

One thought on “UNESCO Ancam Cabut Status di Indonesia, Travel Blogger Angkat Bicara

Leave a Reply