Mesjid? Gereja? Sebut Saja Museum di Kordova

Mencari peninggalan mesjid kuno di Eropa mustinya tidak boleh melupakan Mesjid Cordova, ya juga pernah menjadi Gereja Cordova. Apa pun itu, bangunan megah ini kini sudah selayaknya disebut sebagai museum saja. Terletak di hampir 300 km sebelah Selatan Kota Madrid, Cordova menyimpan banyak sekali sejarah sejak abad 8 yang merupakan salah satu kota moderen pada masa itu. Cordova menjadi salah satu kota di Eropa yang menyimpan sejarah pertikaian pasukan Islam dengan pasukan Kristiani. Sejarah ini tersimpan rapi di bangunan yang pernah menjadi Mesjid dan Gereja ini. Saya tidak akan membahas tentang sejarah bangunan ini, karena saat saya berada di sini bersama @nitatriyana, @animatorix, dan @liaatma, kita tidak mengikuti pemandunya. Malah asik foto-foto… nyesel!

Bangunan ini cukup besar, sekitar setengah luas alas Piramid Giza. Merupakan bangunan yang diubah-ubah menjadi mesjid, menjadi gereja, menjadi mesjid, begitu terus. Bangunan ini tidak hancur saat pertempuran, nampaknya semua pasukan – baik Islam maupun Kristiani terlalu sayang untuk meratakan bangunan dengan arsitek bangsa Moor yang sangat mengagumkan ini.

Pilar-pilar dengan arc berwarna merah putih ini adalah ciri yang sangat khas dari Mezquita de Cordova ini. Rasa-rasanya bentuk pilar ini seolah menjadi khas bangunan bergaya arsitektur Islam. Pilar tadi terbuat dari batu granit dan marmer, sepertinya pada masa itu batu ini berlimpah sekali, tidak heran jika trotoar di sekitar bangunan ini pun terbuat dari batu granit berwarna kegelapan. Sementara tiang-tiang lampu di tepi jalan pun terbuat dari batu Marmer. Sangat mewah!

 

Berada di dalam bangunan ini sangatlah senyap namun khusyuk. Bentuk atap tinggi sungguh membuat apa pun agama seseorang di dalam situ akan terasa tenang dan ingin segera berlutut dan berdoa, memuji keagungan bangunan ini. Bagi saya, bangunan ini sudah bukan mewakili milik agama siapa, melainkan mewakili peradaban manusia dalam arsitektural tingkat tinggi.

(Foto-foto milik @motulz & @animatorix)

Advertisements

Leave a Reply