Menerawang Pantai Karawang

Mendengar nama Kota Karawang tidak pernah terbayang oleh saya akan ada pantai di sana. Yang saya ingat hanyalah kota dekat Jakarta, tetangga Bekasi yang terkenal lewat puisinya Chairil Anwar berjudul “Karawang Bekasi”

Dalam rangkaian kunjungan ke lokasi relawan medis @PencerahNusa (PN), salah satu wilayah penempatannya adalah Karawang ini. Berjarak tidak jauh dari Jakarta namun waktu tempuh perjalanan dengan mobil bisa sampai 5 atau 6 jam! Mengapa? Karena jalan menuju wilayah ini sarat dengan kemacetan truk-truk besar yang berseliweran di Kota Karawang yang terkenal sebagai lokasi industri atau pabrik.

peta_lokasi

Salah satu wilayah layanan PN tadi adalah sebuah desa nelayan yang lokasinya dekat dengan Pantai Utara Pulau Jawa, persis sebelahan dengan Teluk Jakarta. Karakter pantai dan air laut yang keruh pun sama dengan karakter pantai di Ancol hehe. Dan apabila kalian naik pesawat dari Jakarta menuju arah Timur, misalnya ke Surabaya atau Bali, maka jika kalian menengok ke arah kanan pesawat, maka akan terlihat pantai wilayah Karawang ini. Pantai dan juga hamparan tambak-tambak ikan.

Menurut para teman-teman PN, Pantai Tanjung Pakis ini lumayan terkenal bagi pelancong sekitaran Bekasi dan Karawang. Saat habis Lebaran atau Tahun Baru, pantai ini ramai sekali dikunjungi wisatawan lokal. Tidak heran jika di sepanjang Pantai Tanjung Pakis ini berderet rumah makan, tempat bilas, dan penginapan. Sayangnya saat saya berkunjung ke sana sedang tidak musim liburan, maka pantai sangat sepi.

Lantas, bagaimana peluang lokasi Pantai Tanjung Pakis ini jika dijadikan lokasi wisata untuk turis asing? Saya rasa tidak cocok. Mengapa? Karena karakter pantai yang mirip dengan Ancol, tidak bersih, pasirnya warna gelap, dan fasilitas penunjang wisata yang langka sekali. Di lokasi sekitar pantai atau desa terdekatnya pun tidak kita temui ATM atau toko waralaba. Infrastruktur penunjang wisatawan asing masih sangat langka. Jadi memang nampaknya jika ingin dikembangkan lebih jauh, pantai ini cukup dijadikan lokasi wisata lokal saja. Sarana yang harus diperbaiki adalah akses jalan! Karena jalan di sana sangat-sangat berantakan dan hancur. Agak aneh sih apalagi pas saya tahu kalau di situ terdapat sebuah bangunan fasilitas telko untuk kabel bawah laut. Aneh..

Nah.. jika kamu memang merasa seorang petualang pantai sepi, tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke sini 🙂

(Semua foto milik @motulz untuk Pencerah Nusantara )

Advertisements

One thought on “Menerawang Pantai Karawang

  1. Pingback: Candi Jiwa Karawang Yang Menenangkan Jiwa | Geospotter

Leave a Reply