Mentawai Dalam Sketsa

Yang namanya traveling tentu penuh dengan aktivitas jalan-jalan. Akan tetapi kali ini saya tidak banyak melakukan aktivitas jalan-jalan, justru lebih banyak menghabiskan waktu dengan berdiam diri. Aktivitas apa itu? Yup.. sketching!

Salah satu hobi saya sejak lama adalah membuat gambar coret-coret, termasuk saat traveling. Makanya di dalam tas saya selalu saya sempatkan membawa buku sketsa, alat gambar, bahkan cat air. Ya sekedar jaga-jaga saja jika saya ternyata terpaksa harus melakukan kegiatan menunggu lama atau buang waktu kosong (killing time).

Saat mendapat tugas kunjungan ke Kecamatan Sikakap Mentawai untuk bertemu teman-teman Pencerah Nusantara yaitu relawan kesehatan masyarakat, antusias saya cukup tinggi dan semangat. Akan tetapi saya lupa bahwa jadwal kunjungan saya dari MDG’s (Millenium Development Goals) ini adalah bulan Ramadhan alias bulan puasa. Hal lain yang tak terduga adalah perubahan cuaca Mentawai yang cukup ekstrem, dari panas ke hujan, baru sebentar hujan mendadak panas. Sangat tidak cocok untuk saya yang sedang puasa kan? :)) #Manja

Akhirnya, ya saya menghabiskan waktu berdiam diri, mencari lokasi sekenanya, lalu mencoba menangkap suasana dan benda yang ada di lokasi itu. Sejujurnya, saya menikmati sekali aktivitas ini karena selain memang sangat menenangkan pikiran juga lumayan untuk melakukan aktivitas pengamatan hal-hal detil yang ada di lokasi itu. Terlebih lagi, di lokasi Kecamatan Sikakap Mentawai ini saya sama sekali tidak mendapatkan sinyal henpon 3G, jadi semua aktivitas media sosial saya otomatis terhenti. Jadi bisa makin fokus sama kegiatan corat-coret ini.

image-6

Untuk beberapa orang, aktivitas kekosongan bisa diisi dengan menulis puisi atau menulis lagu, tapi untuk saya yang tidak bisa keduanya, saya memilih membuat gambar saja. Lantas bagaimana dengan kegiatan foto-foto? Ah itu sih pasti 🙂 Bedanya.. saat mengambil gambar foto, saya tidak merasakan proses goresan dan guratan pena lewat tangan saya terhadap benda-benda yang saya lihat. Proses ini lah yang selalu saya jaga, yaitu konektivitas mata – otak – tangan. Untuk saya yang bekerja di bidang kreatif, tentu proses ini perlu dan harus terus diasah 🙂

(Semua foto milik @motulz)

AM

 

Advertisements

Leave a Reply