Memecahkan Kode “Da Vinci Code” Di Paris

Saya pernah ke Paris tapi sudah lama sekali, yaitu tahun 2008. Bersama @nitatriyana @liaatma dan @animatorix dalam rangka survei lokasi shooting. Pada saat itu sedang hits sekali film “Da Vinci Code” yang diadaptasi dari novel beken karya Dan Brown. Kontan saja saat kami ke Paris salah satu tujuan wajib kami adalah Museum Louvre yang menjadi “kunci peran” dalam cerita Da Vinci Code tadi.

Saya bukanlah pembaca novel, serius! Gak pernah kuat baca novel lebih dari 10 halaman! :)) Lebih suka membaca komik karena ada gambarnya atau buku-buku pengetahuan populer karena ada foto-fotonya (hadoh!). Akan tetapi entah kenapa novel karya Dan Brown ini menurut saya sangat deksriptif dalam menjabarkan adegan demi adegan. Akhirnya saya mudah sekali mem-visual-kan atau membayangkan lokasi dan situasi dalam cerita tersebut.

Saya adalah penggemar museum dan barang-barang seni, maka wajar saja jika saya suka dengan cerita Da Vinci Code karena memang novel ini banyak sekali menggambarkan situasi yang berkaitan dengan sejarah, seni, dan museum. Maka saat saya ke Museum Louvre, pengamatan dengan mata saya buat lebih jeli, detil, dan awas. Karena rasa-rasanya saya tidak mau kehilangan bagian-bagian khas yang tertulis di dalam novel.

Dari banyak lokasi negara di dalam novel Da Vinci Code, dimulai dari Paris. Maka saya mencoba membayangkan suasana dan situasi Robert Langdon (tokoh dalam cerita) saat berada di Paris. Museum Louvre memang sangat besar sekali. Katanya dulu digunakan sebagai istana raja Perancis sebelum revolusi. Dari sisi luar halaman museum saya sudah mulai penasaran dengan plakat “Roseline” bertulisan “Arago” yang katanya tersebar di banyak titik lokasi di Paris, termasuk di halaman Museum Louvre. YES!! kami berhasil menemukannya! Hal lain yang menurut saya penting adalah “inverted pyramid” atau piramid terbalik, yang menurut cerita novel dan film adalah lokasi… (AWAS SPOILLER!!) yup.. lokasi makamnya Maria Magdalena :D. Tidak sukar menemukannya dari dalam museum, namun saat saya menatap ke atas piramid terbalik, saya berfikir di sebelah mana lokasi teras kaca dari bagian atas piramid terbalik ini? Karena saat saya berada di luar museum saya tidak berhasil menemukannya. Awalnya agak membingungkan karena seharusnya mudah ditemukan dari luar museum karena lokasinya masih di sekitar halaman museum Louvre. Karena penasaran maka saya coba balik lagi ke lantai atas museum dan voila! ketemu! ternyata lokasinya ada di bagian luar halaman museum! Jadi jika kita berada di halaman lapangan Museum Louvre memang tidak tampak karena lokasinya berada di bundaran jalan yang ada taman seberang jalan halaman Museum Louvre!!  🙂

Saya memang suka sekali bepergian sambil berpetualang lewat pengamatan (observe), karena dengan melakukan pengamatan saya sering menemukan detil-detil atau hal simpel yang sering tidak terperhatikan. Sekalian sebagai proses mengasah kemampuan berfikir kreatif! Apalagi saat berada di sebuah tempat atau lokasi yang pernah dibahas di dalam sebuah buku cerita, komik, atau film. Misalnya aja saat diceritakan bagaimana Robert Langdon kabur dari Museum Louvre menuju kedutaan Amerika. Saya sengaja mencoba menelurusi jalan yang digunakan Pak Langdon kabur dari museum menuju kedutaan. Ternyata memang tidak jauh, akan tetapi yang lebih menarik adalah penggambaran cerita di novel dibandingkan dengan gambaran yang ada di film berbeda! Lebih seru! Karena ternyata tampakan kedutaan Amerika di Paris itu tidak segahar yang digambarkan di film! Hal lain.. saya juga menemukan tuh lokasi toilet yang digunakan Langdon bersama Sophie saat melarikan diri.. hihi..

Ya, di luar itu semua, Museum Louvre adalah museum yang sangat mengagumkan. Saya pribadi salut sekali dengan koleksi-koleksi karya seni dan budaya yang ditampilkan di sana. Kebayangkan semua karya yang ditampilkan di sana usianya bisa berabad-abad! Semua terjaga dan terestorasi dengan baik. Yang lebih seru, di museum ini pun menyimpan koleksi patung-patung etnik dari Indonesia! Jadi jika kamu-kamu berkesempatan ke Paris, maka Museum Louvre adalah salah satu lokasi yang wajib dikunjungi!

Ah seru! Jadi pengen ke Paris lagi euy… semoga ada kesempatan!

(Semua foto milik @motulz dan @animatorix)

 

Advertisements

Leave a Reply